Pantai Tanjung Penyu Mas: Lokasi, Rute, Tiket Masuk, Daya Tarik, Foto

Pantai Tanjung Penyu Mas

Pantai Tanjung Penyu Mas

Linkwisata.com, Malang - Pantai Tanjung Penyu Mas adalah salah satu destinasi wisata pantai di Malang yang wajib Anda kunjungi. Pantai Tanjung Penyu Mas atau dikenal juga dengan Pantai Tanjung Penyu, merupakan tempat wisata pantai baru di Malang, Jawa Timur yang memiliki jam operasional pukul 06.30-18.00 WIB dan belum banyak diketahui oleh banyak orang. Pasir pantainya pun masih sangat putih dan bersih.

Pantai Tanjung Penyu Mas, kini menjadi sebuah permata tersembunyi sebagai destinasi wisata pantai Malang selatan, yang dibuka bagi pengunjung dengan menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan berupa hamparan pasir putih dan deburan ombak yang lembut/kecil. Sebagai bagian dari kekayaan wisata pantai di Malang, pantai ini menyuguhkan suasana yang tenang dan jauh dari keramaian, membuatnya sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan atau ingin menyepi dari hiruk-pikuk kehidupan sehari-hari.

Keindahan alam Pantai Tanjung Penyu Mas yang masih alami dan terjaga menjadikan pantai ini pilihan tepat untuk menikmati akhir pekan atau liburan bersama keluarga dan teman. Dengan panorama laut yang memukau dan garis pantai yang memanjang, pantai ini semakin melengkapi daftar tempat wisata di Malang yang tak boleh dilewatkan oleh semua orang.

Pantai ini berada setelah Pantai Goa Cina dan di sampingnya Pantai Watu Leter. Bahkan jika dilihat dari atas tampak jelas lokasi Pantai Tanjung Penyu Mas masih berderetan dengan kedua pantai tersebut. Terlihat sangat jelas ikonik properti berbentuk perahu yang menjadi ikonik Pantai Goa Cina, jika dilihat dari Pantai Tanjung Penyu.

Akses jalan menuju pantai untuk sekarang ini sudah mengalami perubahan dan semakin baik, mulai kondisi jalan dekat pantai, fasilitas pantai, dan kebersihan pengelolaan sekitar pantai. Anda wajib datang ke sini sendiri untuk membuktikannya!

Lokasi dan Akses ke Pantai Tanjung Penyu Mas

Pintu Masuk Pantai Tanjung Penyu

Pantai Tanjung Penyu Mas berlokasi di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Perjalanan menuju pantai ini bisa ditempuh selama sekitar 2 jam dari pusat kota Malang baik menggunakan mobil maupun motor.

Apabila memulai perjalanan dari Alun-Alun Kota Malang, Anda bisa mengambil rute melalui Jalan Pasar Besar-Jalan Kolonel Sugiono-Jalan Panglima Sudirman-Gajahrejo hingga sampai di Pantai Tanjung Penyu Mas. Meski perjalanannya cukup panjang, namun Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah sepanjang perjalanan.

Keindahan Pantai Tanjung Penyu Mas

Pesona Pantai Tanjung Penyu

Pantai Tanjung Penyu Mas dikenal dengan keindahan pasir putihnya yang lembut, bersih, dan air laut yang jernih berwarna biru kehijauan. Tak hanya itu, pantai ini juga dikelilingi oleh pepohonan rindang yang memberikan suasana sejuk dan nyaman bagi pengunjung.

Batu karang di pantai yang menjulang tinggi masih terbilang sangat sedikit, sehingga Anda bisa menikmati pemandangan laut lepas yang begitu indahnya tanpa ada yang menghalangi. Di pantai hanya ada bebatuan kecil di sekitarnya yang menambah keindahan pantai ini. Di sore hari menjelang matahari terbenam, nikmatilah keindahan Pantai Tanjung Penyu sebelum memutuskan untuk pulang sembari mengambil foto bersama keluarga atau teman. Sungguh cantik dan mempesona waktu sunset di salah satu pantai Malang selatan yang satu ini.

Fasilitas Pantai Tanjung Penyu Mas

Pantai ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berada di sana. Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Penyu:

  • Area Parkir Luas
  • Toilet
  • Food Court
  • Spot Foto
  • Gazebo
  • Water Sport
  • Glamping Ground
  • Camping Ground
  • Play Ground
  • ATV
  • Volly Pantai
  • Kolam Renang
  • Agrowisata
  • Edukasi Lembah Madu
  • Edukasi Molusca Bio Laut
  • Toko Oleh-oleh

Fasilitas keamanan parkir untuk pengguna sepeda motor, tersedia penitipan helm di area parkir dengan membayar uang seiklasnya ke penjaga parkir. Sedangkan untuk pengguna kendaraan mobil dan bus, tersedia sangat luas area parkir di sini. Saat memasuki di pintu masuk pantai, di sebelah kiri Anda akan disajikan pusat Food Court bernama Food Center Penyu. Di Food Center Penyu, Anda bisa mencari makanan dan minuman untuk dibawa sambil menikmati pesona keindahan pantai ini.

Semua fasilitas yang disebutkan di atas, sebagian masih dalam tahap pembangunan seperti glamping ground, play ground, volly pantai, kolam renang, dan edukasi lembah madu. Walaupun masih proses pembangunan, masih banyak aktivitas yang bisa Anda nikmati di sini bersama keluarga atau teman.

Aktivitas di Pantai Tanjung Penyu Mas

Spot Foto di Pantai Tanjung Penyu

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan saat berlibur di Pantai Tanjung Penyu Mas. Anda bisa mengabadikan keindahan alam pantai bersama orang tersayang dengan berfoto di berbagai spot cantik yang ada di pantai ini. Tersedia banyak spot foto instagramable di Tanjung Penyu yang bisa Anda manfaatkan untuk mengambil dokumentasi seperti berfoto di ikonik Pantai Tanjung Penyu dengan background pantai, pastinya akan menambah hasil foto terlihat cantik. Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto di properti berbentuk love bertuliskan "I Love Tanjung Penyu" dengan latar belakang pantai bersama pasangan Anda. Tentu hasil foto ini akan lebih bagus dan memberikan kesan indah dan tak terlupakan.

Menariknya di pantai ini, tempat Gazebo ini menghadap langsung ke Pantai Penyu Malang, sehingga Anda bisa bersantai, menikmati keindahan alam, dan bisa merasakan suara gulungan ombak laut tanpa takut akan terpapar sinar matahari. Dengan adanya fasilitas seperti Gazebo, sangat membantu untuk wisatawan yang tidak membawa peralatan liburan tetapi tetap bisa menikmati keindahan di Pantai Tanjung Penyu Mas di Malang. Namun untuk Anda yang datang ke sini saat hari weekend, disarankan untuk membawa tikar pantai sendiri. Biasanya saat weekend, tempat Gazebo ini dipenuhi banyak wisatawan walaupun di pantai ini sudah tersedia banyak untuk bisa digunakan.

Disekitar pantai Anda juga bisa mendirikan tenda. Akantetapi pihak pengelola pantai memberi aturan, pendirian tenda ini dibatasi hanya sampai sore saja dan tidak diperbolehkan sampai malam. Mulai pagi sampai sore menurut kami waktu tersebut sudah cukup panjang untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Penyu Mas. Apalagi posisi tenda berada di bawah pohon-pohon yang rindang dan ditambah semilir angin, pasti suasananya enak sambil tiduran di hammock.

Pantai malang selatan ini rekomended pastinya walaupun kondisi pantai sedang tahap pembenahan untuk semua fasilitasnya. Karena pantai ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, Anda bisa menikmati liburan Anda di pantai ini dengan lebih bebas.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Berikut ini adalah harga tiket masuk terbaru di Pantai Tanjung Penyu Mas:

  • Harga tiket masuk: Rp10.000.
  • Tarif parkir motor: Rp5.000.
  • Tarif parkir mobil: Rp10.000.
  • Tarif parkir bus: Rp25.000.

Pantai Tanjung Penyu Mas selalu buka setiap hari dimulai dari pukul 06.30-18.00 WIB. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung disarankan datang di pukul 06.30-10.00 WIB dan 15.30-18.00 WIB, sebab di jam-jam itu suasana di pantai tidak terlalu panas dan jika di sore hari menjelang petang Anda bisa melihat betapa indahnya sunset di Pantai Tanjung Penyu.

Galeri Foto di Pantai Tanjung Penyu Mas

Anda tidak akan merasa menyesal mengunjungi pantai ini untuk menghabiskan seharian di pantai, selain pesona pantai yang begitu cantik dan eksotis ternyata hasil fotonya pun terlihat indah untuk di abadikan. Berikut beberapa moment terindah yang bisa kami kumpulkan di galeri foto ini.

Tanjung Penyu Malang
Fasilitas Pantai Tanjung Penyu Mas
Lokasi Pantai Tanjung Penyu Mas
Sunset Pantai Tanjung Tanjung Penyu Mas
Keindahan Pantai Tanjung Tanjung Penyu Mas

Tips Berwisata di Pantai Tanjung Penyu Mas

Untuk memperoleh moment yang tepat ketika berlibur ke Pantai Tanjung Penyu Mas, perlu Anda simak beberapa tips yang kami berikan berikut ini:

  1. Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah pukul 06.30-10.00 WIB dan 15.00-18.00 WIB. Rasakan sendiri berkunjung di jam-jam ini untuk menikmati suasana dan keindahan pantainya, sungguh cantik dan mempesona.
  2. Selalu gunakan dan bawa sunscreen saat berlibur di pantai di waktu siang hari untuk melindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari.
  3. Sediakan uang tunai selama berada di pantai, karena semua transaksi mulai pembayaran tiket masuk, tiket parkir, dan Food Center Penyu belum menyediakan pembayaran secara digital.
  4. Bawa peralatan liburan Anda sendiri, seperti tikar pantai, tenda, alat masak, dan lainnya.

Dengan keindahan alamnya yang memukau, fasilitas yang lengkap, berbagai aktivitas yang bisa Anda nikmati, dan tips berwisata, liburan Anda di pantai ini pasti akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan ingin kembali datang ke sini lagi. Tunggu apalagi, segera tambahkan agenda liburan Anda untuk mengunjungi Pantai Tanjung Penyu Mas di Malang!